Headlines News :
Home » , » Olahraga Sehatkan Kulit

Olahraga Sehatkan Kulit

Written By Unknown on Minggu, 09 Juni 2013 | 07.47

ilustrasi olahraga
Penggunaan berbagai produk perawatan kulit nyatanya memang perlu untuk memberikan nutrisi kulit sebagai makanannya agar kulit tetap sehat.

Tetapi disamping itu untuk mendapatkan kulit yang sehat kita juga memerlukan olahraga, karena dengan olahraga, kita dapat menghambat kerutan atau kulit yang menggelambir. 

Dengan berolahraga, itu berarti kita memicu produksi kolagen, protein yang mendukung terbentuknya struktur kulit yang kencang dan terlihat lebih sehat, Semakin kuat otot yang kita miliki, maka kulit akan semakin kencang dan lebih terlihat elastis. 

Kolagen adalah zat pengisi sel kulit yang membuat kulit menjadi kenyal dan kencang. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen semakin menurun dan berkurang yang mengakibatkan kulit menjadi kering dan berkerut. Produksi kolagen dapat dipacu dengan melakukan olahraga rutin karena sel kulit akan mendapatkan oksigen dan distribusi nutrisi yang baik sehingga kulit akan bersinar dan lentur.

Selain itu olahraga juga dapat mencegah jerawat, dimana biasanya si jerawat disebabkan oleh produksi sebum yang berlebihan dan menyumbat pori-pori kulit. Sebum disebabkan oleh produksi hormon yang berlebihan. 

Dengan berolahraga, kita bisa menyeimbangkan kadar hormon yang menyebabkan jerawat. Selain itu, Olahraga juga mampu menurunkan stres dan kadar hormon dalam darah. Dengan begitu, ini bisa mengurangi produksi sebum. 

Berkeringat saat berolahraga juga bisa menghilangkan sel kulit mati, minyak, dan zat racun dalam kulit. Keringat ini dapat membersihkan kotoran yang tersumbat di pori-pori yang memicu timbulnya jerawat. Jadi, lakukan olahraga lebih untuk membersihkan pori-pori secara alami.

Kemudian yang tidak boleh dilupakan adalah mandi atau membersihkan tubuh setelah berolahraga dan mengkonsumsi air putih yang juga berdampak baik untuk kelembaban kulit. 

Sebetulnya kita tidak harus berolahraga yang berat, cukup dengan olahraga yang ringan badan kita pun bisa menjadi sehat. Olahraga ringan yang dapat kita lakukan dengan mudah dan murah cukup banyak seperti berjalan, jogging, bersepeda, renang, dan lainnya. 

Dengan melakukan pilihan olahraga yang kita sukai bukan sekedar manfaat bagi tubuh yang kita dapatkan tetapi juga manfaat bagi pikiran sebagai penghilang stress karena olahraga dilakukan dengan hati yang senang. Selamat berolahraga ! :D. (asp)
Share this article :
Comments
2 Comments

2 komentar:

  1. Salam kenal...
    Artikelnya menarik banget.... Kalau boleh tau, apakah berolahraga di ruang ber-AC juga akan sama manfaatnya dalam menjaga kesehatan kulit kita dibandingkan dengan berolahraga di luar? dan baju senam jenis apa yang mampu mendukung dalam menjaga kesehatan kulit saat berolahraga?
    Thanks... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal kembali ...

      sebelumnya terima kasih sudah berkunjung

      sepertinya lebih bagus diluar ruangan :)

      Hapus

 
Copyright © 2012 | LDII Kabupaten Bandung - All Rights Reserved | Template Edited by anugrahespe | Proudly powered by Blogger