Headlines News :
Home » » Ramadhan Sudah Dekat, Ayo sipa-siap Puasa

Ramadhan Sudah Dekat, Ayo sipa-siap Puasa

Written By Unknown on Sabtu, 06 Juli 2013 | 05.42


Sebentar lagi bulan Ramadhan segera tiba, saatnya umat Islam melaksanakan ibadah puasa. Puasa di bulan Ramadhan adalah salah satu rukun Islam, kewajiban Muslimin yang tidak boleh ditinggalkan. Sebagaimana Firman Allah dalam Surah Al-Baqarah ayat 183. Puasa adalah ibadah yang istimewa karena amalan puasa untuk Allah dan pahalanya diperhitungkan langsung oleh Allah sendiri.

(يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ (183

Wahai orang-orang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian supaya kalian bertaqwa.
[Surah Al-Baqarah ayat 183]


 حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ مُوسَى، قَالَ: أَخْبَرَنَا حَنْظَلَةُ بْنُ أَبِي سُفْيَانَ، عَنْ عِكْرِمَةَ بْنِ خَالِدٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  بُنِيَ الإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ: شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ، وَإِقَامِ الصَّلاَةِ، وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ،   وَالحَجِّ، وَصَوْمِ رَمَضَانَ

… Rasulullah s.a.w. bersabda: “Islam dibangun atas lima perkara: Syahadat bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan Muhammad utusan Allah, dan menegakkan shalat, dan membayar zakat, dan haji, dan puasa Ramadhan”.
[Hadist Shohih Bukhari No. 8 Kitabul Iman]

 حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُوسَى، أَخْبَرَنَا هِشَامُ بْنُ يُوسُفَ، عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ، قَالَ: أَخْبَرَنِي عَطَاءٌ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ الزَّيَّاتِ، أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” قَالَ اللَّهُ: كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ لَهُ، إِلَّا الصِّيَامَ، فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ

… Rasulullah s.a.w bersabda: “Allah berfirman: Setiap amalan Anak adam adalah untuknya kecuali puasa. Maka sesungguhnya puasa itu untukku, aku sendiri langsung membalasnya …”.
[Hadist Shohih Bukhari No. 1904 Kitabu Shiam]


Diingatkan kepada saudara-saudara Muslim, terutama kaum wanita, yang masih mempunyai hutang puasa tahun-tahun lalu agar segera melunasinya. Begitu juga kaum Muslimin lain agar mempersiapkan diri menyambut Ramadhan secara suka-cita; baik persiapan fisik, maupun mental, lahir dan bathin. Bulan Ramadhan hendaknya TIDAK disambut dengan amalan-amalan menyimpang yang tidak sesuai dengan syariat, seperti adat-adat jahiliyah: megengan dan nyekar kuburan.

Menjumpai bulan Ramadhan berarti Allah memberikan kesempatan untuk bertaubat, menyesali segala kesalahan, karena pada bulan itu Allah membuka pengampunan seluas-luasnya bagi hambaNya. Ramadhan adalah saat untuk intropeksi, membersihkan diri dari dosa-dosa, pelanggaran agama dan berbagai kemaksiatan. Terutama kesalahan-kesalahan sesama anak adam hendaknya bisa saling memaafkan.

Ramadhan juga kesempatan untuk meningkatkan amal ibadah melebihi bulan-bulan lain, sebab di bulan suci itu Allah melipat-gandakan pahala semua amalan. Di bulan yang penuh barokah ini diharapkan setiap Muslim dapat merutinkan shalat malam (tarwih), memperbanyak shodakoh dan bisa menghatamkan membaca Al-Quran sedikitnya satu kali hataman.

 حَدَّثَنَا أَبُو اليَمَانِ، قَالَ: أَخْبَرَنَا شُعَيْبٌ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو الزِّنَادِ، عَنِ الأَعْرَجِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:  مَنْ يَقُمْ لَيْلَةَ القَدْرِ، إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا، غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

… Rasulullah s.a.w. bersabda: “Barang siapa berpuasa pada bulan Ramadhan dengan iman dan mencari pahala maka diampuni baginya apa-apa yang terdahulu dari dosa-dosanya dan barang siapa berdiri (ibadah sunah) pada malam qodar dengan iman maka diampuni baginya apa-apa yang terdahulu dari dosa-dosanya”.
[Hadist Shohih Bukhari No. 35 Kitabul Iman]


قَالَ : …، فَاتَّقُوا شَهْرَ رَمَضَانَ، فَإِنَّ الْحَسَنَاتِ تُضَاعَفُ فِيهِ مَا لَا تُضَاعَفُ فِيمَا سِوَاهُ وَكَذَلِكَ السَّيِّئَاتُ

… Rasulullah s.a.w. bersabda: “… takutlah kalian pada bulan Ramadhan, maka sesungguhnya kebaikan dilipat-gandakan pada bulan Ramadhan tidak seperti dalam bulan-bulan lainnya, begitu juga kejelekan (juga dilipat-gandakan)”.
[Hadist riwayat Thabrani]

SAPMB (asp)

Sumber : pengajian-ldii.net
Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2012 | LDII Kabupaten Bandung - All Rights Reserved | Template Edited by anugrahespe | Proudly powered by Blogger