Headlines News :
Home » , » Penyebab kegemukan selain makan

Penyebab kegemukan selain makan

Written By Unknown on Rabu, 12 Juni 2013 | 14.36


Obesitas adalah kelebihan berat badan akibat penimbunan lemak tubuh yang berlebihan. Walaupun setiap orang membutuhkan lemak tubuh untuk menyimpan energi sebagai pengikat panas, penyerap guncangan dan fungsi lainnya namun lemak adalah penyebab utama Obesitas. Secara ilmiah obesitas terjadi karena mengkonsumsi kalori lebih banyak dari yang diperlukan tubuh. Makan terlalu banyak dan tidak rajin berolah raga menjadi faktor utama penyebab kegemukan. Walaupun terjadinya obesitas melibatkan faktor lain, seperti faktor genetik, lingkungan dan psikis tapi ternyata bukan itu saja penyebabnya. Berat badan berlebih bisa disebabkan oleh beberapa hal yang bisa jadi tidak pernah Anda duga sebelumnya, apa sajakah itu :

1. Menyalakan Air Conditioner (AC)
Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan oleh International Journal of Obesity daerah selatan Amerika Serikat memiliki populasi obesitas paling tinggi diantara negara bagian amerika lainnya. Dari penelitan tersebut diketahui rata-rata rumah di kawasan tersebut menggunakan AC dan tiap tahunnya meningkat dari 37% - 79%. Kebiasaan penduduk menggunakan AC adalah agar berada pada suhu yang nyaman, padahal saat tinggal terus menerus dalam suhu yang nyaman inilah tubuh tidak perlu bekerja mendinginkan atau menghangatkan tubuh. Akibatnya lemak yang harusnya terbakar oleh aktifitas akhirnya tertimbun dalam tubuh terutama pada bagian perut. Apalagi dengan suasana nyaman itu orang akan lebih merasa nikmat menyantap apapun. Jadi bagi Anda yang selalu berada dalam ruangan ber AC  harus berhati-hati dan jangan lupa untuk diimbangi dengan olahraga agar tubuh Anda tetap bergerak dan membakar lemak.  

2. Kurang Tidur
Jangan salah tafsir bahwa dengan berkurangnya waktu tidur akan membuat badan kita menjadi kurus. Karena sebaliknya dari kurang tidur tersebutlah kegemukan bisa menyerang kita. Menurut penelitan yang dibuat dalam journal "Archiver of Disease  in Childhood" saat sesorang tidak mendapat cukup istirahat ternyata akan mempengaruhi pembentukan glukosa dan akhirnya muncul penyakit diabetes. Disaat bersamaan, kurang tidur akan menambah rasa lapar dan berujung pada peningkatan rasa lapar.

Dan yang lebih penting kurang tidur akan membuat tubuh terasa lelah dan lemas akibatnya aktifitas fisik yang seharusnya dilakuakan siang hari menjadi berkurang. Padahal aktifitas siang hari akan membuat pembakaran lemak lebih maksimal. Sebaliknya karena aktifitas berkurang termasuk olah raga pastinya akan memicu berat badan naik lebih cepat. Jadi jika tidak penting untuk begadang, lebih baik hindari saja

3. Menyalakan lampu saat tidur
Menyalakan lampu saat tidur di malam hari tidak pernah kita sadari. Padalah dampaknya cukup mengejutkan juga. Ketika Anda tidur dalam keadaan lampu menyala berpotensi membuat Anda sering terbangun . Disaat itulah situasi lain muncul dan tidak pernah Anda sadari. Ketika terbangun seringkali membuat perut Anda menjadi terasa lebih lapar. Dalam Kondisi terebut melanjutkan tidurpun akan menjadi sulit.

Menyantap makanan yang ada di dapur atau memanfaatkan cemilan yang ada dianggap sebagai solusi menghilangkan rasa lapar agar secepatnya bisa tidur. Padahal ketika menyantap makanan atau cemilan pengganjal lapar itulah potensi kegemukan datang. Makanan atau cemilan yang disantap dan melanjutkan tidur akan membuat lemak tidak terurai, karena kita tidak segera melanjutkan aktifitas yang bisa membakar lemak dalam tubuh.

4. Polusi
Dari hasil sebuah studi yang ditulis "Critical Review in Food Science and Nutrition" polusi bisa mempengaruhi metabolisme tubuh terutama yang bisa melakukan pembakaran lemak tak sehat dalam tubuh kita. Beberapa diantara polusi yang bisa menggangu metabolisme tubuh adalah zat kimia yang terdapat pada plastik, sisa pembakaran sampah, zat yang terdapat dalam pestisida dan polusi lainnya. 

Sebagai antisipasinya diupayakan agar aktifitas kita jauh dari polusi tadi. Jika memungkinkan hindari makanan yang dalam pertumbuhannya dibantu pestisida atau yang direbus dalam plastik. Langkah terakhir adalah kenali tumbuhan-tumbuhan penetralisir polusi di sekitar kita dan gunakan tumbuhan tersebut untuk menghilangkan polusi di sekitar kita.

Itulah beberapa hal yang bisa membuat kita mengalami kegemukan di luar faktor dari makan berlebihan. Satu hal yang perlu kita sadari adalah tetap memperhatikan pola hidup sehat, seperti memilih makanan, tidur yang cukup dan olah raga teratur, InsyaAllah Anda akan sehat dan memiliki penampilan memikat. Semoga bermanfaat.... (asp)

Referensi : ldii.or.id

Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2012 | LDII Kabupaten Bandung - All Rights Reserved | Template Edited by anugrahespe | Proudly powered by Blogger